Ketentuan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru

TATA CARA PENDAFTARAN ULANG
MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2020/2021
UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA

Berdasarkan Pengumuman Hasil Seleksi Masuk Universitas Muslim Tahun Akademik 2020/2021, bagi siswa yang dinyatakan lolos seleksi sebagai calon mahasiswa di Universitas Muslim Indonesia wajib melakukan kegiatan Pendaftaran Ulang, dengan cara sebagai berikut :

  1. Login ke laman https://admisi.umi.ac.id dengan menggunakan username dan password pada saat pendaftaran mahasiswa baru.
  2. Lakukan verifikasi kelulusan dengan memasukkan Nomor Ujian Seleksi Masuk Universitas Muslim Indonesia. Verifikasi kelulusan dilakukan dengan mengklik VERIFIKASI KELULUSAN pada laman admisi.umi.ac.id setelah Anda login.
  3. Lakukan pemberkasan secara online pada laman https://admisi.umi.ac.id mulai tanggal 27 Juli 2020 sampai dengan 22 Agustus 2020, dengan mengklik menu Pemberkasan Online
    1. Pastikan bahwa isian data Anda yang dilakukan pada saat melakukan pendaftaran mahasiswa baru sudah benar dan akurat.
    2. Wajib mengisi Surat Keterangan Pemeriksaan Buta Warna, hanya untuk program studi yang mensyaratkan sebagai berikut:
      • Program Studi Pendidikan Dokter, Surat Keterangan Pemeriksaan Buta Warna harus dari Dokter Spesialis Mata setempat.
      • Program Studi Pendidikan Dokter Gigi, Surat Keterangan Pemeriksaan Buta Warna harus dari Dokter Spesialis Mata setempat.
      • Program Studi Farmasi, Surat Keterangan Pemeriksaan Buta Warna harus dari Rumah Sakit atau Puskesmas setempat.
    3. Wajib mengisi Surat Keterangan Bebas Narkoba yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit atau PUSKESMAS setempat, hanya untuk program studi yang mensyaratkan sebagai berikut:
      • Program Studi Pendidikan Dokter
      • Program Studi Pendidikan Dokter Gigi
    4. Wajib mengisi Surat Pemeriksaan Kesehatan yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit atau PUSKESMAS setempat, hanya untuk program studi yang mensyaratkan sebagai berikut:
      • Program Studi Pendidikan Dokter
      • Program Studi Pendidikan Dokter Gigi
      • Program Studi Farmasi
    5. Mengisikan alamat lengkap saat ini, dan nomor HP untuk keperluan pengiriman Jas Almamater dan Kartu Mahasiswa oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Bagian Perlengkapan.
    6. Seluruh isian pemberkasan Anda secara online akan dilakukan Verifikasi oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru. Silahkan mengecek email Anda untuk mendapatkan notifikasi jika proses verifikasi telah selesai.
  4. Menentukan metode pembayaran BPP/SPP.
    1. Untuk pembayaran BPP/SPP tanpa cicilan, silahkan mengklik tombol METODE PEMBAYARAN.
    2. Untuk pembayaran BPP/SPP dengan cicilan, silahkan memilih metode cicilan dan mengklik AJUKAN CICILAN PEMBAYARAN. Proses pengajuan cicilan akan diproses oleh Bagian Keuangan. Jika telah disetujui pengajuan cicilan pembayaran, maka silahkan lanjut ke pembayaran BPP/SPP dengan mengklik tombol METODE PEMBAYARAN.
  5. Menentukan Cara Pembayaran BPP/SPP dengan memilih Bank yang tersedia pada laman https://admisi.umi.ac.id. Pembayaran BPP/SPP hanya dapat dilakukan dengan melakukan transfer Bank dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. Pilihan Bank yang terdaftar secara resmi untuk pembayaran BPP/SPP tersedia pada laman Cara Pembayaran di admisi.umi.ac.id.
    2. Khusus untuk Program Studi Pendidikan Dokter dan Pendidikan Dokter Gigi, pembayaran dilakukan dengan mentransfer pada Bank Sulsel Syariah dengan cara transfer via Teller dengan mencantumkan NOMOR TES, NAMA pada Slip Transfer.
    3. Untuk calon mahasiswa lainnya dapat memilih cara pembayaran menggunakan bank lain yang tersedia.
    4. Setelah calon mahasiswa menentukan cara pembayaran BPP/SPP, maka akan tampil Jumlah Tagihan, Nomor Rekening, dan/atau Nomor Virtual Account (jika memilih cara pembayaran menggunakan Virtual Account)
  6. Calon mahasiswa melakukan pembayaran pada Bank yang telah dipilih sebelumnya. Selanjutnya jika telah melakukan pembayaran, maka WAJIB melakukan konfirmasi pembayaran dengan mengklik tombol KONFIRMASI PEMBAYARAN dan mengupload Bukti Pembayaran. Proses verifikasi pembayaran akan dilakukan oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Bagian Keuangan.
  7. Menerima informasi terkait Penerimaan Mahasiswa Baru seperti Nomor Induk Mahasiswa (NIM), Jadwal Pesantren Kilat, Jadwal Pengenalan Perpustakaan, dan hal lain yang dianggap perlu (akan diinformasikan kemudian).
  8. Wajib melakukan konfirmasi telah menerima Jas Almamater dan Kartu Mahasiswa yang telah dikirimkan oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Bagian Perlengkapan melalui laman https://admisi.umi.ac.id.
  9. Hal lain yang dianggap perlu:
    1. Setiap calon mahasiswa yang melakukan pengisian data yang tidak benar, akan berdampak pada keabsahan database calon mahasiswa yang bersangkutan dan hal tersebut diluar tanggung jawab Universitas Muslim Indonesia.
    2. Setiap calon mahasiswa yang tidak dapat memenuhi ketentuan pendaftaran ulang ini, dinyatakan mengundurkan diri sebagai mahasiswa Universitas Muslim Indonesia
    3. Jika ada pengumuman atau perubahan akan diinformasikan kemudian melalui laman https://admisi.umi.ac.id, atau https://spmb.umi.ac.id, atau umi.ac.id
    4. Hal yang belum jelas dapat ditanyakan pada Bagian Pendaftaran Ulang Penerimaan Mahasiswa Baru melalui WA/TELPON 0823-9940-9471, (telepon akan dilayani pada hari Senin – Jumat pukul 08.30 – 16.00 WITA tanggal 27 Juli 2020 sampai dengan 22 Agustus 2020)